Sabtu, 26 Mei 2012

Kapitalis itu Jahat


Fiuh.. cape banget euy, sabtu harus ngampus buat responsi. Bayangin sob, responsi cuma 30 menit sementara perjalanan gw pulang balik butuh waktu hampir 2 jam. Tapi nggak apa2 kok, gw mau jadi Imam Bukhari yang mengorbankan dirinya berjalan ribuan mil buat menuntut ilmu, dan gw belum ada apa2nya dibandingkan beliau.


Kapitalis itu jahat, yah itulah kesimpulan gw setelah menginjakkan kaki di rumah dan terkapar selama beberapa menit. Gw kesel liat adek gw mantengi teve terus, dan lo tau apa yang dia liat? Haduuh, nggak ideologis banget sih. Dia liat Short film coba’. Gw udah berkali2 negur dia “Nen pindah chanel, Nen shalat yuk, Nen udahan liat tevenya, Nen matiin tevenya, Nen kerjain pr nya, Nen makan, Nen.. Nen.. Nen..(Ngeeek)”.

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa sekedar nonton teve buat melepas penat itu nggak masalah. Atau mungkin lo juga bakalan berpikir “ni orang katro banget sih, kaya ga pernah nonton teve aja”. Tapi masalahnya adek gw liat teve udah dari gw mau pergi ke kampus tadi sob, sekitar jam 9. Pas gw nulis ini udah jam setengah empat. Udah berapa jam aja tuh dia habiskan buat nonton teve? 6 JAM lebih!!!

Seandainya lo sebagai seorang kakak tentu pengen yang terbaik buat adek lo kan? Masalahnya lagi nih, peran lo sebagai seorang kakak itu akan dimintakan pertanggungjawabannya oleh Allah. apa lo bisa bimbing adek2 lo itu. itulah yang jadi beban gw dan nggak boleh dijadikan beban (nah loh!).
Selama nemenin adek gw, sebagai (mantan) remaja  ideologis, gw amatin satu persatu tokoh yang memainkan peranan dalam short film yang kebetulan bergenre remaja itu. Gw jadi bertanya-tanya, kenapa islam yang begitu mulia benar2 disingkirkan dari mind map anak2 muda. Kenapa ya pemainnya nggak ada yang berkerudung? Kenapa kita bener2 gampang banget digoblok2in? Ya salah satunya dengan action Film Televisi semacam ini. 

Kehidupan hedonis bener2 kental dalam keseharian si pemain. Adegan ciuman bahkan mendekaties esek2, gaul bebas cewek dan cowok, life style ala barat, pakaian super ketat nan kurang bahan, bla bla bla.. menjadi ciri khas cerita. Klimaksnya nggak pernah jauh dari menaklukkan hati sang cowok, persahabatan, genkster, broken home. Nggak lebih dari itu. endingnya, selalu diakhiri dengan kebahagiaan menurut kamus produser mereka, yakni terpenuhinya hawa nafsu dan materi.
Kebetulan hari ini dimainkan sama personil girl band yang gw bener2 jiji ngeliatnya. Ceritanya ketujuh anak ini akuuur banget. Susah buat dipisahin. Karena keakraban mereka itulah, mereka kemudian bikin girl band. Konfliknya salah satu personil sebut saja N, ada yang lagi nggak mood sama personil lainnya, S, sampai hubungan antara ketujuh personil ini renggang. Biasalah, anak2 sekuler kan temenan cuma buat seneng2an aja. Klimaksnya pacar N tiba2 ngambek dan mangajukan talak, eh putus maksudnya. Dan saat itu pula si cowok itu naksir sama S, teman genk sekaligus teman nyari sensasi. Terjadilah dendam kesumat antara N dan S. Endingnya.. deng deng.. gw muak nyeritain. Udah bisa ditebak.

Ni adek gw disuruh shalat bukannya cepet2 ambil wudhu, eh tetep aja asik nonton. Kalo gw yang nyuruh sih, gw bisa maklumin. Status gw cuma seorang kakak. Tapi yang nyuruh udah selevel emak gw sob, tetep aja dia asik sama tontonannya itu. sebel gw, rasanya mau gw jitakin tuh, gw lumat2, gw pukulin, gw tendangin, gw marah2in, gw masukin dalam karung. Beres!!!

Tapi itu bukan solusi yang cerdas menurut gw, alhasil gw cuma beristighfar terus gw ceramahin dia sampe mulut gw kribo dan ngabisin nasi sepiring. “Nen, katanya mau masuk surga. Katanya mau jadi anak shalihah, katanya mau jadi pejuang islam, katanya pengen kayak Al Fatih, katanya.. katanya.. katanya..(#pingsan)” tetep aja nggak beranjak. Sampe gw sendiri yang bosen nyeramahin dia, bukannya dia yang bosen sama ceramah gw.

Dari situ gw jadi mikir sob. Media teve itu bener2 jadi corongnya produser kapitalis. Maunya untung melulu. Gak peduli sama kerusakan moral generasi. Adek gw itu salah satu contoh kecil yang gw angkat dalam tulisan ini. Sepertinya cukup mewakili sebagai korban.

Jelas film itu mengangkat cerita yang serba bebas dan berkecukupan. Kira-kira kalo gw nerjemahin, isi narasi dari film itu ngompor-ngomporin buat membudidayakan gaya hidup yang serupa. Orangtua dianggap kolot dan nggak berbobot. Nggak perlu ndengerin kata2 ortu yang nggak ngertiin kita banget dengan dalih “alaaah itu kan jaman mereka, jamannya udah beda udah berubah”. Biar ortu kolot, asal  punya genk yang borjuis, cantik2, kaya, bisa ngeksis itu sudah cukup. Ortu sekedar robot yang bisa ngasih makan, dan bank yang bisa dimintain uang sewaktu-waktu. Ya begitulah, kapitalis ngajarin adek gw buat durhaka sama ortu. Kalau ditranslate ke bahasa jawa katanya “ndhableg”. Gawat ini beneran gawat..

Tentu saja short film kayak gitu disetel hampir seantero negri ini bukan? Rata-rata penikmatnya adalah anak2 ABG yang katanya lagi nyari jati diri ples anak2 bau kencur seumuran sama adek gw. Nggak usah jauh2, gw bener2 nyesek liat sikap adek gw tadi yang kemungkinan udah terkontaminasi oleh produk budaya mereka (tugas gw makin berat sob, lo ngerti nggak sih?#merengek-rengek).
Hampir bisa dipastikan penonton film kayak gitu ngopas habis2an ulah pemainnya. Bisa dibayangin kalau semua anak durhaka sama ortunya setelah seharian nonton film2 kayak gitu. bahaya banget sob, bahaya.. lo tau kan, ortu itu adalah orang yang harusnya paling dihormati? Bahkan ridho Allah itu ada pada keridhoan ortu. Bisa saja kan Allah menomorduakan ridho ortu? Ini karena sakin dimuliakannya orangtua.

Itu baru dari sudut pandang gw yang mencoba meraba2 derita para orangtua. Belum dari sudut pandang yang lain. Pencopetan ala remaja mungkin, bisnis esek2, narkoba, remaja yang nggak bertanggung jawab, lalala..gw nggak sanggup nulisnya. Kapitalis bener2 jahat sob. Bahaya.. bahaya.. bahaya.. ayo larii.. lari. Kita butuh islam, remaja butuh syariah, anak muda butuh khilafah (#berteriak)..

My dear Isnaini, Ngaji Islam yok!! Bengong aja!!


4 komentar:

  1. hhahahaaa......bsk lagi percuma kamu kasih tau umi.
    langsung aje matiin tevenya,cabut kabelnya tarik suruh wudhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kl kayak gitu malah terus nangis..piye jal?

      Hapus
  2. wow.. umi.. aku mau ngasih maasukann.. kalo ngambil image dari google, mohon alamat asal webnya di cantumin.. :D okee.. terus ..

    gw suka gaya lo.. yeah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke2, makasih broo, masukan diterima.. besok2 lg dah..

      wo ya??

      Hapus